Tokoh Pencipta Lambang Gerakan Pramuka

Seonardjo Atmodipurwo merupakan sosok Pramuka yang merancang lambang siluet tunas kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka Indonesia pada tahun 1961.



Profil dan seluk beluk Seonardjo Atmodipurwo atau ada juga yang menyebut Soenardjo Atmodipuro sendiri cukup sulit untuk dilacak. Hal ini karena kurangnya referensi yang memuat nama beliau.

Setahu penulis beliau bernama Seonardjo Atmodipurwo. Lahir tanggal 8 Febuari 1909 dan wafat pada tanggal 31 Mei 1979.

Setelah meninggal beliau dimakamkan di TPU Jeruk Purut Jakarta Selatan. Jika anda sekarang berkunjung ke sana. Anda akan dapati nisan yang terdapat pada makamnya berbentuk siluet tunas kelapa.

Makam Seonardjo Atmodipurwo

Konon katanya ketika beliau merancang lambang ini, beliau adalah seorang pramuka yang sehari-harinya bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departemen Pertanian. Sehingga kuat dugaan penulis banhwa dipilihnya lambang siluet tunas kelapa tidak lain banyak dipengaruhi oleh latar belakang profesi beliau.Namun tentunya ini tidaklah masalah, karena memang ma'na yang filosofi yang terkandung di dalamnya sangat baik.

Bagi para pembaca yang kurang puas dengan artikel ini dan memiliki data yang lebih falid, kami kami mohon untuk bisa sharing melalui kotak komentar demi kebaikan bersama.

Salam Pramuka !!!

Share this post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar